Pengembangan Multimedia Game Edukasi Interaktif Menggunakan SAC Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep-Konsep Penting Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i1.20231Kata Kunci:
Multimedia, Game Edukasi, Media Pembelajaran, Smart Apps CreatorAbstrak
Aplikasi pembelajaran untuk peserta didik ini adalah suatu aplikasi pembelajaran pada peserta didik sekolah dasar dengan bantuan teknologi komputer. Aplikasi ini merupakan bentuk media pembelajaran yang terdiri dari bagian edukasi berupa permainan matematika dasar dengan tujuan untuk mengetahui kinerja media pembelajaran dan meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi pada media pembelajaran berbasis multimedia. Pengembangan aplikasi ini didasarkan dengan metode menurut Lee & Owens yang bersifat prosedural dan detail pada setiap tahapannya. Produk akhir dari pengembangan ini adalah produk berupa game android yang valid dan dapat digunakan untuk memberikan pemahaman materi tambahan mengenai materi kepada peserta didik.
Referensi
A. P. Putra, Y. Soepriyanto, and A. Husna, “Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, pp. 299–306, 2018.
A. Arsyad, Media Pembelajaran. 2015.
A. Kristanto, “Media Pembelajaran,” p. 129, 2016.
Kasman, “Pengembangan Teknologi Multimedia Pembelaaran,” J. Pendais, vol. 2, no. 2, pp. 137–148, 2020, [Online]. Available: https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/download/938/727/
A. R. Azizah, “Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming,” Pros. Semin. Nas. Fis. Unesa, vol. 4, no. 2, pp. 72–80, 2020, [Online]. Available: https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/143
Unduhan
Diterbitkan
Citation
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kurnia Prima Putra, Dhia Rhania, Muhammad Ansarullah S. Tabbu, Dewi Fatmarani Surianto (Author)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.