Digitalisasi Melukis Menggunakan Aplikasi Sketchbook Pada Siswa IX SMPN 25 Cenrana
DOI:
https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i2.20243Abstract
Seni lukis telah menjadi bagian integral dalam kurikulum. Pada banyak sekolah, termasuk SMPN 25 Cenrana di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, metode pengajaran seni lukis ini masih mengadopsi pendekatan konvensional. Observasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran seni budaya SMPN 25 Cenrana memberikan gambaran bagaimana metode pengajaran tersebut cenderung monoton dan belum sepenuhnya memanfaatkan potensi literasi digital guna mendukung pembelajaran. Pelatihan ini hadir untuk memperkenalkan aplikasi Sketchbook yang bisa diakses oleh siswa kelas IX untuk mulai melukis secara digital menggunakan media. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam bentuk luring dan daring pada 1 Agustus 2023 hingga 5 September. Tahapannya mulai dari pembukaan dan pre-test kepada siswa, penyajian materi, praktik menggunakan Sketchbook, konsultasi karya, hingga pelaksanaan post-test. Penggabungan pertemuan luring dan daring dalam kegiatan ini dilakukan guna memaksimalkan kesempatan belajar siswa. Alhasil, terlihat peningkatan persentase pengetahuan sebanyak 35% dari pre-test ke post-test yang diberikan kepada siswa. Kegiatan ini menyediakan ruang ekspresi kreatif kepada siswa dalam meningkatkan literasi digital mereka sekaligus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sebagaimana diketahui, literasi digital tidak hanya berhenti pada penggunaan teknologi, tetapi juga bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan oleh manusia.
References
Admin. (2022). Pelatihan Perancangan Poster Digital Menggunakan Aplikasi Ibis Paint untuk SIswa SDN Melong Mandiri 2 Cimahi. Diunduh dari: https://digitalkultur.id/detail-news/pelatihan-perancangan-poster-digital-menggunakan-aplikasi-ibis-paint-untuk-siswa-sdn-melong-mandiri-2-cimahi
Andri, Rantih F. (2020). Pengaruh Pre-Test terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Menara Ilmu, 14(1), 81-85. https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.1742
Costa. (2014). Choosing the Right Assesment Method Pre-Test/Post-Test Evaluation. US: Boston University.
Effendy, I., Hamid , MA. (2016). Pengaruh Pre-Test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat hdw.dev.100.2.A Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 1(2), 81-88. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2873
Purwano, Ngalim. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
R.V.Br Ginting, dkk. (2021). Literasi Digital sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(2), 118-122. https://doi.org/10.14710/pasopati.2021.10869
Rachmadani, NP., dkk. (2023). Live to Learn, Pengembangan Keterampilan Cerita Bergambar Menggunakan Media Digital untuk Murid SMPN 02 di Gampong Teureubeh, Jantho, Aceh Besar. Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.26858/srq.v2il.42776
Ruci, Webiing HN., Angge, Indah C. (2021). Pelatihan Menggambar Digital dengan Media Handphone melalui Aplikasi Sketchbook. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5, 147-151
Sawitri, D. (2023). Internet of Things Memasuki Era Society 5.0. KITEKTRO: Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 8(1), 31-35. https://doi.org/10.24815/kitektro.v8i1.28578
Zen, Adrian. (2023). Pelatihan Seni Rupa: Impelementasi Lukis Digital Menggunakan Platform Digital Kultur untuk Siswa SMAN 6 Cimahi. Diunduh dari: https://bva.telkomuniversity.ac.id/pelatihan-seni-rupa-implementasi-lukis-digital-menggunakan-platform-digital-kultur-untuk-siswa-sman-6-cimahi/
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.