Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan bagi Siswa Sekolah Kejuruan

Authors

  • Samirah Dunakhir Universitas Negeri Makassar Author
  • Nurafni Oktaviyah Universitas Negeri Makassar Author
  • Warka Syachbrani Universitas Negeri Makassar Author
  • Azwar Anwar Universitas Negeri Makassar Author
  • Nur afiah Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i1.20238

Keywords:

Motivasi, Pendidikan, Sekolah Kejuruan

Abstract

Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMK Negeri 1 Bulukumba Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Masalahnya adalah: (1) kurangnya tingkat kesadaran siswa-sekolah kejuruan tentang pentingnya pendidikan tinggi, (2) kebutuhan informasi yang diperlukan oleh siswa-sekolah kejuruan untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan studi pada perguruan tinggi, (3) banyak kendala yang dihadapi siswa-sekolah kejuruan dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi. Sasaran eksternal adalah siswa dan siswi pada tingkatan sekolah menengah kejuruan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan tinggi, (2) mitra mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan studi pada perguruan tinggi, dan (3) mitra dapat mengantisipasi kendala yang dihadapi untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi.

References

Alamsyah, R. (2010). Digital Forensic. Security Day.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact. Pengantar Media Massa. Jakarta:Penerbit Salemba Humanika

Dhofier, Zamasyari.1994.Tradisi Sekolah kejuruan. Jakarta:LP3ES

Depag. 2002. Pedoman Pondok Sekolah kejuruan. Jakarta

Geertz, Clifford. 1993. Religion as a cultural system. In: The interpretation of cultures: selected essays. Fontana Press.University of Oxford.

Umar, Abdullah Ibnu. 2012. Sekolah kejuruan; Antara Tradisional dan Modern. http://ruanginstalasi.wordpress.com 2012/09/19/ sekolah kejuruan-antaratradisional-dan-modern.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan bagi Siswa Sekolah Kejuruan. (2023). Jurnal Kemitraan Responsif Untuk Aksi Inovatif Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 62-67. https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i1.20238

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.