Analisis  Model UTAUT Untuk Mengetahui Tingkat Penerimaan Teknologi Mahasiswa Pada Aplikasi Kahoot

Authors

  • Fitri Amaliyah Batubara Universitas Negeri Medan Author
  • Sitti Hajerah Hasyim Universitas Negeri Makassar Author
  • Aprilianti Nirmala S Universitas Negeri Makassar Author
  • Nurzabrina Anugrani Universitas Negeri Makassar Author
  • Ahmad Luthfi Universitas Negeri Makassar Author
  • Ibrahim Al khalil Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.61220/voice.v2i1.30

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran, Kahoot, Mahasiswa, Penerimaan Teknologi, UTAUT

Abstract

Teknologi dan internet menjadi pendorong utama dalam globalisasi pendidikan, terutama melalui platform seperti Kahoot. Penelitian ini menggunakan Model UTAUT untuk menganalisis penerimaan aplikasi Kahoot oleh mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Temuan menunjukkan respon positif mahasiswa terhadap manfaat dan kemudahan penggunaan Kahoot. Meskipun demikian, variabilitas dalam pandangan terkait dukungan lingkungan, pandangan guru, dan niat pengguna menggambarkan kompleksitas adopsi teknologi ini di lingkungan pendidikan. Rekomendasi termasuk pengembangan dukungan lingkungan, pelatihan bagi dosen dan mahasiswa, serta evaluasi infrastruktur teknologi untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan Kahoot dan teknologi pembelajaran di Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan berbasis teknologi dan inovasi di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, S.F., Md Yunus, M., Hashim, H., 2021a. Applying UTAUT in Predicting ESL Lecturers Intention to Use Flipped Learning. Sustainability 13, 8571. https://doi.org/10.3390/su13158571

Addo, H., & Attuquayefio, S. N. (2023). Menggunakan model UTAUT untuk menganalisis adopsi TIK siswa Universitas Studi Profesional, Ghana. Jurnal Manajemen Teknologi Informasi, 16(1), 1-12.

Aditya, B.R., Permadi, A., 2018a. Implementation of utaut model to understand the use of virtual classroom principle in higher education. J. Phys. Conf. Ser. 978, 012006. https://doi.org/10.1088/1742-6596/978/1/012006

Ahmed, A.A.A., Sayed, B.T., Wekke, I.S., Widodo, M., Rostikawati, D., Ali, M.H., Abdul Hussein, H.A., Azizian, M., 2022. An Empirical Study on the Effects of Using Kahoot as a Game-Based Learning Tool on EFL Learners’ Vocabulary Recall and Retention. Educ. Res. Int. 2022, 1–10. https://doi.org/10.1155/2022/9739147

Al-Qurashi, M. A., & Al-Harbi, A. A. (2023). Menuju model penerimaan MOOCs di pendidikan tinggi: model UTAUT yang dimodifikasi untuk Arab Saudi. Springer Science+Business Media, LLC, bagian dari Springer Nature.

Alshehri, A., J Rutter, M., Smith, S., 2020. The Effects of UTAUT and Usability Qualities on Students’ Use of Learning Management Systems in Saudi Tertiary Education. J. Inf. Technol. Educ. Res. 19, 891–930. https://doi.org/10.28945/4659

Chen, J., Fu, Z., & Yuan, F. (2023). Penerimaan Masyarakat terhadap Bus Tanpa Sopir di Tiongkok: Sebuah Empiris Analisis Berdasarkan Model UTAUT yang Diperluas. Jurnal Transportasi, 29(1), 1-12.

Duman, B., & Ouz, T. (2023). Persepsi Akademisi Terhadap Alat Pengajaran Online Dalam Konteks Kesatuan Teori Penerimaan dan Penggunaan Teknologi-2 (UTAUT-2). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 1-12.

Dwi Ayu Rahmawati, dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(2), 220-233.

F. Hair Jr, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., G. Kuppelwieser, V., 2014. Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. Eur. Bus. Rev. 26, 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Fahrurrozi, M., & Rahmawati, S. N. L. (2021). Pengembangan model instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot pada pembelajaran ekonomi. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1-10.

Handayani, T., 2015. ANALISIS PENERAPAN MODEL UTAUT (UNIFIED THEORY OF PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI).

Hsu, H., 2012. The Acceptance of Moodle: An Empirical Study Based on UTAUT. Creat. Educ. 03, 44–46. https://doi.org/10.4236/ce.2012.38B010

Idowu, A., 2021. Persepsi siswa tentang kegunaan dan kemudahan menggunakan Kahoot, alat berbasis web gratis di lingkungan pendidikan tinggi.

Lisnani and Emmanuel - 2020 - Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelaj.pdf, n.d.

Lund, B., 2023. The questionnaire method in systems research: an overview of sample sizes, response rates and statistical approaches utilized in studies. VINE J. Inf. Knowl. Manag. Syst. 53, 1–10. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-08-2020-0156

M. Arief Budiman, dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1-10.

M. Irfan, dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 1-10.

Martínez-Jiménez, R., Pedrosa-Ortega, C., Licerán-Gutiérrez, A., Ruiz-Jiménez, M.C., García-Martí, E., 2021. Kahoot! as a Tool to Improve Student Academic Performance in Business Management Subjects. Sustainability 13, 2969. https://doi.org/10.3390/su13052969

Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di kota denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 30(2), 540-555.

Rofiyarti, F., Sari, A.Y., n.d. TIK UNTUK AUD: PENGGUNAAN PLATFORM “KAHOOT!” DALAM MENUMBUHKAN JIWA KOMPETITIF DAN KOLABORATIF ANAK.

Sagala, A.U., Hutagaol, D.D.S., Haloho, K.A., Aini, N., 2021. PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA BELAJAR SAMBIL BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.

Siti Nurhayati, dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-11.

Siti Nurul Izzah, dkk. (2022). Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 28-37.

Wigati, S., 2019. PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA J. Program Studi Pendidik. Mat. 8. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2445

Machmud, M. T., & Fakhri, M. M. Indonesia Teacher Competencies in Integrating Information and Communications Technology for Education. Athens Journal of Technology & Engineering, 331.

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Yuanita, B., & Sari, N. R. (2022). THE USE OF THE EXTENDED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TO MEASURE BEHAVIORAL INTENTION USERS OF ZAHIR ACCOUNTING SOFTWARE. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 107-123.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Jannah, R. (2022). ANALISIS APLIKASI PAJAK (E-FILLING DAN E-BILLING) BERBASIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 8(1), 100-120.

Downloads

Published

19-06-2024

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.