Desa Sehat: Transformasi Masyarakat Melalui Edukasi Gigi, Senam, dan Jumat Bersih di Desa Bune, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone

Authors

  • Awi Dassa Universitas Negeri Makassar Author
  • Hisyam Ihsan Universitas Negeri Makassar Author
  • Muhammad Ammar Naufal Universitas Negeri Makassar Author
  • Adnan Universitas Negeri Makassar Author
  • Ayu Alfina Pratiwi Amar Universitas Negeri Makassar Author
  • Putri Regina Pratiwi Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i1.20237

Keywords:

Desa Sehat, Edukasi Kesehatan Gigi, Jumat Bersih, Senam, Transformasi Masyarakat

Abstract

Desa Sehat merupakan program kerja yang diusung oleh mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit di Desa Bune melalui beberapa kegiatan, seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, senam, dan Jumat Bersih. Berdasarkan hasil survei situasi dan lapangan, salah satu masalah masyarakat adalah terkait masalah tentang kesehatan yaitu masih rendahnya kesadaran masyarakat Desa Bune dalam menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, Tim KKN Tematik UNM 2023 melalui program Desa Sehat diharapkan mampu menjawab permasalahan masyarakat. Melalui program ini dapat memberdayakan masyarakat Desa Bune untuk hidup sehat sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan kesehatan dan olahraga. Dalam program ini terdapat 3 kegiatan yang dilaksanakan yaitu penyuluhan/edukasi kesehatan gigi dan mulut, senam dan jumat bersih. Program Desa Sehat ini diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat Desa Bune. Dalam program ini ada yang bersifat rutin dan ada yang hanya satu kali pelaksanaan. Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat yang menjadi sasaran memberikan respon yang baik dan kontribusi yang besar terhadap program yang dilaksanakan.

References

Octavia Dwi Wahyuni, S. M. (2019). Program Peningkatan Kebugaran di Kelurahan Tomang jakarta Barat (Vol. 2). Jurnal Bakti Mayarakat Indonesia.

Pone, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan (Vol. 21). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Puput Dwi Cahya Ambar Wati, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya (Vol. 8). Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education.

Rosmidah Hasibuan, S. M. (2018). Pengaturan Hak Atas Lingkungan Hidup Terhadap Kesehatan (Vol. 6). Jurnal Ilmiah “Advokasi”.

Urmila Syifa Kurniawan, N. S. (2023). Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak di Dusun Botokan, Sendangrejo, Minggir, Sleman (Vol. 1). Dental Agromedis: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2023-07-31

Citation

Issue

Section

Articles

How to Cite

Desa Sehat: Transformasi Masyarakat Melalui Edukasi Gigi, Senam, dan Jumat Bersih di Desa Bune, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone. (2023). Jurnal Kemitraan Responsif Untuk Aksi Inovatif Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 55-61. https://doi.org/10.61220/kreativa.v1i1.20237

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.