Analisis Studi Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Kombinasi dengan Pendekatan UTAUT

Authors

  • Suryaningsih Universitas Negeri Makassar Author
  • Siti Nur Alifya Kasmiryani Ar Universitas Negeri Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.61220/voice.v2i2.20242

Keywords:

Kepuasan mahasiswa, Pembelajaran kombinasi, Mobile learning, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, terutama pada proses pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran Kombinasi (Blended Learning), yang menggabungkan metode pembelajaran tatap muka dan e-learning, menjadi semakin populer. Dalam konteks ini, penggunaan mobile learning sebagai teknologi bantu telah muncul sebagai solusi untuk meningkatkan interaktivitas dan manfaat pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada analisis kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran kombinasi dengan menggunakan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa di sebuah institusi pendidikan tinggi yang menggunakan aplikasi mobile untuk belajar. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif untuk menilai aspek-aspek UTAUT yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai persepsi dan kepuasan mahasiswa terhadap aplikasi mobile learning dalam pembelajaran kombinasi. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat membantu para profesional pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran serta memberikan panduan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Astuti and F. Febrian, “Blended Learning: Studi Efektivitas Pengembangan Konten E-Learning Di Perguruan Tinggi,” J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, pp. 104–119, 2019.

I. K. Sudi, “Penerapan Kombinasi Teknik Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Guna Menghadapi Ujian Sekolah di Kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2020 /,” vol. 7, no. 2, pp. 1586–1596, 2023.

M. N. Arsyad and D. E. G. Lestari, “Efektifitas Penggunaan Media Mobile Learning berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang,” Agastya J. Sej. Dan Pembelajarannya, vol. 10, no. 1, p. 89, 2020.

R. N. A. Pohan, M. K. Rokan, and W. Syarvina, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Banking Pada Layanan BSI Mobile Dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT),” vol. 3, no. 2, pp. 31–41, 2023.

M. Altalhi, “Toward a model for acceptance of MOOCs in higher education: the modified UTAUT model for Saudi Arabia,” Educ. Inf. Technol., vol. 26, no. 2, pp. 1589–1605, 2021.

F. Andini and I. Hariyanti, “Penerapan Model Utaut 2 Untuk Memahami Perilaku Penggunaan Oasis Di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung,” Naratif J. Nas. Ris. Apl. dan Tek. Inform., vol. 3, no. 02, pp. 1–10, 2021.

N. R. Shantika, T. L. M. Suryanto, and A. Pratama, “Analisis Faktor Pendorong Niat Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Model UTAUT Modifikasi,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 403–412, 2022.

A. Kusumaningrum and W. Meiranto, “Analisis Metode Utaut2 Untuk Menjelaskan Perilaku Konsumen Dalam,” vol. 12, pp. 1–14, 2023.

M. Indah and H. Agustin, “Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang,” J. Eksplor. Akunt., vol. 1, no. 4, pp. 1949–1967, 2019.

D. Sekarini, U. L. Yuhana, and B. J. Santoso, “Faktor Penerimaan Pengguna pada E-Learning dari Perspektif Siswa Sekolah Dasar Berbasis UTAUT Model,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 1693–1709, 2021.

P. Dewi, “Peran Tajdid Inspirational Leadership Mewujudkan Kinerja Sumberdaya Manusia Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Tengah,” 2023.

M. F. Alfaris and O. Purnamasari, “Pengaruh Sales Promotion Golden Lamian di Instagram terhadap Keputusan Pembelian,” J. Tenik Inform. Sains dan Ilmu Komun., vol. 1, no. 4, 2023.

Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023.

A. A. Hsb., “Faktor Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pergruan Tinggi,” vol. 6, no. 1, pp. 151–165, 2023.

A. M. Putri and J. W. Mulia, “Analisis Hubungan Antara Emotionalquetient Dan Strategi Coping Terhadap Generasi Z Indonesia,” vol. 1, no. 2, pp. 113–122, 2023.

Downloads

Published

30-08-2024

Citation

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.