Penerapan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar di SMAN 2 Majene
DOI:
https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i2.510Keywords:
Calon guru , Mengajar, Praktik Pengalaman Lapangan, SiswaAbstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi calon guru yang tujuan utamanya untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang sesungguhnya. Di dalam artikel tersebut memuat perolehan hasil Praktik Pengalaman Lapangan oleh mahasiswa STAIN Majene angkatan IV, yang mengabdi di SMAN 2 Majene guna untuk mengetahui kemampuan dalam mengajar sebagai calon guru profesional yang termuat dalam jurusan Tarbiyah dan Keguruan. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPL mendapati hasil belajar siswa SMAN 2 Majene pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Inggris secara keseluruhan masuk dalam kategori cukup baik, dilihat dari kemampuan siswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Keberhasilan pembelajaran di SMAN 2 Majene didukung oleh beberapa faktor penting seperti kurikulum yang relevan, sarana dan prasarana yang memadai, serta pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Penggunaan media dan metode pembelajaran yang variatif menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa dan berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan pencapaian kompetensi siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), mahasiswa menemukan bahwa siswa sangat menginginkan hal baru setiap harinya dari guru, yang dapat membangun semangat belajar mereka.
References
Aini, N. R., Syafril, S., Netriwati, N., Pahrudin, A., Rahayu, T., & Puspasari, V. (2019). Problem-Based Learning for Critical Thinking Skills in Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 012026. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012026
Ependi, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7, 257.
Fatahillah, A. M., Mustamir, & Nurjannah. (2021). Keefektifan Aplikasi Macromedia Flash Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas X SMKN 1 Sinjai. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i1.571
Fathurrahman, F., & Farih, A. (2019). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Lamongan. Jurnal Reforma, 7(2), 77. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.80
Faznur, L. S., Khaerunnisa, Lutfi, & Rohim, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7.
Hasnah, M. (2023). Eksistensi Mahasiswa PPL dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Pelita Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(20), 1–10.
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/PE.V10I2.7494
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Putra Aryana, I. M. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.456
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.30998/SAP.V1I2.1018
Satria, V. H., & Herumurti, D. (2021). Role-Playing Game as Learning Media To Support Online Learning. Journal of Education Technology, 5(4), 579. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.39718
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar materi perkalian siswa kelas II SD Muhammadiyah 8 Surabaya. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1).
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Susanto, A., Eksely, S. P., Bumen, E. J. K. R., Handriani, Y., Munte, A., & Sanasintani, S. (2024). Pemberdayaan Modul Pengajaran Pendidikan Agama Kristen dan Kapasitas Diri melalui Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin, 2(2), 158–172.
Urva, M., Nurhayati, R., & Nur, M. J. (2024). Pendampingan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di SMPN 11 Sinjai. MOSAIC: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–24.
Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195
Yampap, U., & Kaligis, D. A. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.186
Yusuf, M., & Dwijayanti, K. (2019). Kontribusi Guru Pamong, Dosen Pembimbing dan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa PJKR di Sekolah Latihan. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1), 1–13.
Downloads
Published
Citation
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darwis Darwis, Suleman Suleman, Dheanda Aulia Fitri Al Azizah, Mutmainnah Mutmainnah, Muhammad Syahrul Ulum Ahmad, Muhammad Zadiq, Umar Gandi, Nuraqillah Nuraqillah, Nurmukhfida Nurmukhfida, Hijrah Hijrah, Dila Sari (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.