Budaya Maja Labo Dahu Dalam Konteks Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi di Kantor Samsat Kabupaten Bima)

Authors

  • Endang Winarsih Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Khadijah Darwin Universitas Muhammadiyah Makassar Author
  • Rosdiana Rosdiana Universitas Muhammadiyah Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.61220/ijota.v2i1.250

Keywords:

Budaya Maja Labo Dahu, Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya Maja Labo Dahu dalam Konteks Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor yang terdata di Kantor Samsat Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Budaya Maja Labo Dahu (Budaya “Malu Dan Takut”) dalam konteks kepatuhan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Bima sudah diterapkan sesuai dengan prinsip-prinsip budaya Maja Labo Dahu, yaitu wajib pajak akan merasa malu dan takut apabila tidak patuh dalam membayar pajak kendaraannya. Wajib pajak akan merasa malu ketika tidak membayar kewajiban pajaknya, serta mereka akan merasa takut jika sewaktu-waktu diberikan surat bukti pelanggaran dan denda oleh pihak yang berwenang jika ditemukan adanya pelanggaran di lapangan oleh wajib pajak kendaraan bermotor. Adapun wajib pajak yang tidak membayar pajak kendaraannya bukan disebabkan oleh budaya yang tidak diterapkan tetapi terdapat hambatan lain bagi wajib pajak dalam proses pembayaran pajak kendaraannya.

References

Ahmad, B., Romadhoni, B., & Adil, M. (2020). Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(1), 15–23.

Andi Oddang Riuh Hutomo, S. I. K. (2017). Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Kaitannya Dengan Kebijakan Penghapusan Denda Pajak Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 544/DISPENDA/2016 Tentang Penghapusan Denda Pajak Dan Balik Nama Kendaraan Bermotor. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Hasanudin, A. I., Ramdhani, D., & Giyantoro, M. D. B. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak Online Shopping Di Jakarta: Urgensi Antara E-Commerce Dan Jumlah Pajak Yang Disetor. Tirtayasa Ekonomika, 15(1), 65.

Hermawansyah. (2019). Pendidikan Etika “Maja Labo Dahu” Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Pendidikan, 10(1), 70–80.

Mataram.antaranews.com. (2022). Brimob Bima Sita Sejumlah Motor Bodong Kiriman Dari Pulau Jawa.

Mubin, I., & Hikmah. (2018). Makna Filosofi Maja Labo Dahu Dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Masyarakat Bima Pada Masa Pemerintahan Sultan Muhammad Salahudin 1917-1951. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 3(2), 8.

Novianti, A. F., & Uswati Dewi, N. H. (2018). An Investigation of the Theory of Planned Behavior and the Role of Tax Amnesty in Tax Compliance. The Indonesian Accounting Review, 7(1), 79.

Pohan, C. A. (2017). Pengantar perpajakan. Mitra wacan Media: Jakarta.

Putri, N. S., Aditya, M. F., & Permana, H. S. (2024). Dinamika Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor : Pendekatan Kualitatif Dalam Mengeksplorasi Persepsi Dan Sikap Wajib Pajak. Jurnal Publikasi Ilmu Hukum, 2(1).

Resmi, S. (2017). Perpajakan. Salemba Empat: Jakarta.

Ringan, A. Y. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor (Studi pada Samsat Konawe). Jurnal Economina, 2(7), 1699–1718.

Rizky Fitra Ramdani, Eva Faridah, E. B. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaran Bermotor. Akuntapedia, 1(1), 72–95.

SAKINAH, N. (2022). Reformasi perpajakan: sistem perpajakan yang adil dan sehat dalam konteks budaya siri’na pacce (studi pada kpp Pratama …. Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id.

Sani, P. J., & Sulfan, S. (2022). Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pekerjaan Bebas Di Kota Denpasar. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 3(2), 294–304.

Sari, F. L., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan indonesia dalam keberagaman kebudayaan indonesia. Ilmiah, Jurnal Pendidikan, Kajian Keberagaman, Dalam Indonesia, Kebudayaan, 1.

Sista, N. P. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban MOral, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Gianyar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 142–179.

Soerono, K. T. (2018). Analisis Pengaruh Budaya Lokal Dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variable Intervening Di Kantor Bersama Samsat Bondowoso”. Universitas Muhammadiyah Jember, 1–12.

Tasrif, T., & Komariah, S. (2018). Model Penguatan karakter Masyarakat Berbasis Nilai Kearifan Lokal “Maja Labo Dahu” Dalam Perspektif Budaya Bima. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 18(1), 99.

Wijayanti, L. E., Kristianto, P., Damar, P., & Wawan, S. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Terhadap Pengendalian Intern. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 9(3), 15–28.

Yasa, I. N. P., Martadinata, I. P. H., & Astawa, I. G. P. B. (2019). Peran Theory of Planned Behavior Dan Nilai Kearifan Lokal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sebuah Kajian Eksperimen. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 149–167.

Downloads

Published

2024-06-29

Citation

Issue

Section

Articles

How to Cite

Budaya Maja Labo Dahu Dalam Konteks Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi di Kantor Samsat Kabupaten Bima). (2024). Indonesian Journal of Taxation and Accounting, 2(1), 62-78. https://doi.org/10.61220/ijota.v2i1.250